Di Tengah Mahalnya Beras, Tarif Listrik Dikabarkan Ikut Naik Mulai Maret 2024 - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Di Tengah Mahalnya Beras, Tarif Listrik Dikabarkan Ikut Naik Mulai Maret 2024



KONTENISLAM.COM
Di tengah mahalnya harga beras hingga membuat warga harus antre panjang ketika ada pasar murah sembako, kini tarif listrik dikabarkan akan mengalami kenaikan.

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah menetapkan tarif listrik untuk Maret 2024. Tarif listrik Maret ditetapkan bersamaan dengan pengumuman tarif listrik triwulan I pada Januari-Maret 2024.

Hal ini disampaikam Direktur Jenderal Ketenagalistrikan, Jisman P Hutajulu. Dia mengatakan, pemerintah punya pertimbangan dalam penetapan tarif listrik Januari-Maret 2024.

"Tarif listrik Januari sampai Maret 2024 diputuskan tetap untuk menjaga daya saing pelaku usaha, menjaga daya beli masyarakat dan menjaga tingkat inflasi di tahun yang baru," ujar Jisman pada Desember 2023.

Kebijakan untuk tidak mengubah tarif listrik pada Januari-Maret 2024 berlaku bagi 13 pelanggan nonsubsidi dan 25 golongan pelanggan bersubsidi. Penetapan tarif listrik Januari-Maret 2024 sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 8.

Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam penetapan tarif listrik, seperti nilai tukar mata uang dollar AS terhadap mata uang rupiah (kurs), Indonesian Crude Price, inflasi dan/atau harga batu bara acuan.

Merujuk beberapa faktor tersebut, parameter ekonomi makro yang digunakan pada triwulan I 2024 adalah realisasi pada bulan Agustus, September, dan Oktober Tahun 2023. Parameter yang digunakan terdiri dari kurs sebesar Rp 15.446,85/dollar AS, ICP sebesar 86,49 dollar AS/barrel, inflasi sebesar 0,11 persen, dan HBA sebesar 70 dollar AS/ton sesuai kebijakan DMO batu bara.

Pemerhati Sosial dan Politik, Tatok sugiarto, turut mengkritisi bakal naiknya tarif listrik di tengah harga beras yang mahal.
 
"Mulai 1 Maret 2024 Tarif Listrik PLN Akan Mengalami Kenaikan. Beras belum turun. Listrik dah mau naik..Oke gass 👻*🤮," tulis Totok, dikutip dari akunnya di aplikasi X, Sabtu (24/2/2024).

Cuitan Totok pun ramai dikomentari warganet. Umumnya mengkritisi semakin mahalnya beban biaya yang harus dikeluarkan masyarakat.

"Semoga pendukung 01 selalu diberiNya Rizki yg mencukupi utk kenyamanan hajat hidupnya.. Aamiin. Semoga pendukung 02 selalu kuat utk joget-joget… Aamiin," tulis akun @esti***.

"Agar kepuasan rakyat pada pemerintahan Jokowi juga naik, maka harga2 barang dinaikkan.🤣🤣," kritik lainnya.

"Pertalite akan jg dihapus gess… Lengkap dah😄," cuap lainnya. (fajar)

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close