Hasto Tantang Prabowo Bersumpah, Bantah Langsung Soal Pembelian Jet Tempur Mirage 2000-5

Image

KONTENISLAM.COM - Dengan beredarnya informasi dugaan korupsi pembelian Jet Tempur 2000-5 Mirage dari Qatar, Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Hasto Kristiyanto memberi tantangan kepada Prabowo Subianto.

Hasto menantang Prabowo berani bersumpah untuk membantah langsung bahwa dirinya tidak terkait dengan dugaan menerima persekot dari rencana Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dalam membeli pesawat jet tempur 2000-5 dari Qatar.

"Ya sebaiknya (bersumpah), karena itu ditujukan langsung kepada Pak Prabowo bahkan beredar di sosial media suara-suara yang diduga mirip Pak Prabowo sebaiknya beliau membantah langsung," kata Hasto saat ditemui wartawan di Media Centre Ganjar-Mahfud, Jalan Cemara No.19, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu 11 Februari 2024.

Bahkan, Pria asal Yogyakarta itu mencontohkan kalimat ucapan sumpah yang mungkin bisa diutarakan oleh Prabowo kepada publik.

"Misalnya, saya bersumpah di hadapan Tuhan yang maha kuasa Allah SWT di hadapan seluruh rakyat Indonesia dan demi konstitusi negara rakyat dan undang-undang, bahwa saya tidak menerima dana sebesar apapun suatu rupiah sekalipun dari pengadaan alutsista," ujarnya.

Dia menyarankan, agar Prabowo segera merespons beredarnya informasi tersebut. Bukan diklarifikasi dari TKN dengan dalih hoaks atau kabar burung.

"Nah, kalau orang sudah bersumpah ini implikasinya tujuh turunan kalau dilanggar, sehingga itu yang harusnya dilakukan oleh Prabowo," tegasnya.
 
Pria alumnus Universitas Pertahanan (UNHAN) itu menambahkan, rakyat akan lebih percaya jika Prabowo bersumpah di hadapan publik.

Dengan bersumpah, Prabowo akan dianggapnya sosok yang gagah berani.

"Itu lebih gentlemen. Itu kalau berani," katanya.

Juru Bicara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak sebelumnya juga telah merespons informasi yang disebut hasil investigasi MSN soal skandal pembelian Jet Tempur bekas asal Qatar Mirage 2000-5 tersebut.

Dahnil membantah keras dugaan korupsi pembelian pesawat dari Qatar itu.

Ia menegaskan bahwa pembelian jet tempur bekas itu memang pernah direncanakan oleh Kemenhan pada 2022 lalu. Namun selanjutnya, pembelian jet tempur itu batal. 

Atas hasil investigasi MSN itu, Dahnil tegas membantah bahwa tak ada pembelian pesawat jet tempur yang dianggarkan Kementerian Pertahanan. 

Sehingga konten yang diberitakan media daring berbahasa asing, Meta Nex dalam artikel daring bertajuk 'Indonesia Prabowo Subianto EU Corruption Investigation' yang viral pada Jumat, 9 Februari 2024 itu merupakan fitnah kepada Menhan.
 
"Saya ingin masuk ke substansi. Pertama, ini adalah hoaks dan fitnah. Tidak ada pembelian Pesawat Mirage. Walaupun itu (pernah) direncanakan, (tapi) sudah dibatalkan, artinya tidak ada kontrak yang efektif di Kemenhan terkait dengan pembelian Mirage. Jadi secara konten semua yang disampaikan itu jelas fitnah," ujar Dahnil dalam keterangannya, Minggu 11 Februari 2024. 

Dahnil menduga bahwa pemberitaan tersebut sengaja dibuat oleh pihak tertentu dan memanfaatkan momen jelang hari pencoblosan Pemilu 2024.

Investigasi MSN itu dinilai memberi dampak negatif kepada pasangan Prabowo-Gibran.

"Sumber berita ini muncul dari salah satu situs MSN, konten MSN ini kontennya agregator Microsoft dan ambil dari Metanext. Kalau dicek ke Metanext, berita itu tidak ada sama sekali. Dari sisi teknis jelas ini juga diciptakan orang orang tertentu untuk tebar fitnah bagi Prabowo-Gibran terkait dengan pemilihan yang tinggal beberapa hari ke depan," ujar Dahnil yang juga juru bicara TKN Prabowo-Gibran. 

Dahnil menyayangkan berita hoaks tersebut dengan mudah dipercayai masyarakat, dan kini menjadi buah bibir di media sosial.

"Kemudian (berita ini) dikunyah, sayangnya oleh netizen, di sisi lain beberapa media juga kemudian angkat isu ini, digoreng dan sebagainya tanpa ada upaya untuk menyampaikan bahwa ini hoaks dan fitnah," paparnya.

"Jadi dari tiga sisi itu saja kami ingin sampaikan ini adalah upaya yang busuk dan jahat sekali untuk fitnah Prabowo," imbuhnya.

SumberDisway

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close