Rencana susu gratis bikin khawatir? Ekonom ini duga impor susu makin besar, ingatkan sejarah tragis susu bermelamin - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Rencana susu gratis bikin khawatir? Ekonom ini duga impor susu makin besar, ingatkan sejarah tragis susu bermelamin



KONTENISLAM.COM
Program makan siang dan susu gratis bagi anak sekolah yang diusung pasangan capres Prabowo Gibran akan masuk dalam APBN 2025.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan program itu akan masuk dalam pembahasan Kebijakan Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) 2025.

Topik susu gratis pun jadi perbincangan hangat di Indonesia. Bahkan berbagai negara sudah mulai ancang ancang untuk ikut berkompetisi dalam penyediaan produk susu di Indonesia.

Seperti Eropa, Amerika, Australia dan New Zealand bahkan kabarnya Cina bakal ikut menawarkan produk susu ke pasar Indonesia.

Karena itu sangat penting untuk memastikan keamanan produk tersebut dengan melihat jejak sejarah keamanan pangan di negara asal susu diproduksi.

Ekonom dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Andry Satrio Nugroho meragukan kemampuan produksi susu dalam negeri mampu memenuhi kebutuhan tesebut.

"Saya takutnya impor susu akan semakin besar,” ujar Kepala Pusat Industri, Perdagangan dan Investasi Indef ini.
 
Kekhawatiran terhadap impor susu bukan tanpa sebab.

Tragedi susu bermelamin di Cina

Pada 2008 yang lalu, Indonesia pernah melarang impor susu yang berasal dari China karena adanya skandal tercemarnya susu bubuk yang membahayakan kesehatan.

Tragedi susu bermelamin di Cina pada tahun 2008 menjadi peristiwa yang tidak terlupakan. Skandal ini menyebabkan 300.000 orang terkena dampaknya.

Ribuan di antaranya harus dirawat di rumah sakit dan enam bayi meninggal karena batu ginjal.

Pada saat itu, Sanlu, salah satu dari 22 perusahaan yang terlibat dalam skandal tersebut.

Sanlu akhirnya mengidentifikasi bahwa melamin, sebuah zat kimia berbahaya, telah ditambahkan ke susu untuk meningkatkan kadar protein.

Hal ini menyebabkan produk tersebut lolos uji kadar protein dan tes nutrisi.
 
Tingkat melamin yang ditemukan dalam susu tersebut jauh melampaui batas yang diperbolehkan, menimbulkan kekhawatiran akan keamanan produk susu.

Meskipun tragedi tersebut telah berlalu lebih dari satu dekade yang lalu, dampaknya masih terasa hingga sekarang.

Publik kehilangan kepercayaan pada produk susu lokal, seperti yang terungkap dalam survei yang dilakukan oleh firma konsultan McKinsey & Co.

Lebih dari 10 ribu responden dalam survei tersebut lebih memilih susu impor, terutama dari Hong Kong, sebagai pilihan mereka.

Sejarah tragis susu bermelamin di Cina tahun 2008 mengingatkan akan pentingnya keamanan produk susu.

Produsen susu, baik lokal maupun impor harus memastikan produk mereka memenuhi standar keamanan yang ketat untuk memperoleh kembali kepercayaan publik.

SumberHops
@metro_tv Capres Prabowo Subianto sebut akan impor 1,5 juta sapi dari India untuk program susu gratis. #PrabowoSubianto #PrabowoGibran #ImporSapi #ProgramSusuGratis #Pilpres2024 #Pemilu2024 ♬ original sound - Metro TV

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close