Tanpa APBN, Masjid di Bekasi Rutin Bagikan Makan Siang Gratis untuk Pengemudi Ojol - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Tanpa APBN, Masjid di Bekasi Rutin Bagikan Makan Siang Gratis untuk Pengemudi Ojol




KONTENISLAM.COM
Ketika pemerintahan Presiden Jokowi disibukkan penyiapan anggaran dari APBN untuk mewujudkan janji pasangan capres-cawapres Prabowo-Gibran membagikan makan siang gratis, program ini sudah dijalankan sebuah masjid di Kota Bekasi.

Pembagian makan siang gratis ini dilakukan di Masjid Al Iman di Bintara Jaya, Bekasi Barat, Kota Bekasi sejak enam bulan lalu. Seperti terlihat pada Selasa, 27 Februari 2024, sejumlah orang mengambil nasi dalam sterofoam putih itu.

Menurut Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Al Iman, Budi Setyono, makan siang gratis ini disediakan setiap hari mulai Senin sampai Jumat sebanyak 50 porsi. "Dibagikannya setelah salat Duhur," katanya.

Semula, nasi bungkus ini disediakan untuk pengemudi ojek online. Namun perkembangannya, siapa saja bisa mengambilnya.

Menurut Budi, uang untuk makan siang ini berasal dari seorang donatur. Namun pada hari Jumat, biasanya masjid menyediakan makan siang gratis dalam jumlah lebih banyak, sekitar 200-300 porsi, yang dibagikan setelah Salat Jumat. Dana pengadaannya berasal dari donatur dan masjid.
Seorang driver ojol, Nasrullah, 44 tahun, mengaku baru sekali mengambil makan siang gratis di Masjid Al-Iman. "Dulu pernah diberitahu seorang penumpang, kalau di sini ada makan siang gratis setelah Salat Duhur. Tapi baru sekali ini punya kesempatan mengambill," katanya, Selasa.

Menurut dia, penyediaan makanan ini cukup membantu. "Ini menanusiakan manusia," katanya.

Berbeda dengan program Prabowo, makan siang gratis ini tidak untuk anak-anak tapi orang dewasa. Tujuannya juga bukan untuk melawan stunting, tapi hanya untuk berbagi dan meringankan beban pengemudi ojek online.

Menurut Budi Setyono, program sosial Masjid lainnya adalah Beras Barokah untuk membantu warga tidak mampu di sekitar masjid. Uang pembelian beras 5 kg yang dibagikan kepada 50 orang ini, berasal dari sumbangan jamaah.

Sumber: tempo

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close