TPS Tempat Butet Gelar Coblos Ulang, Hasilnya Berbalik, Kini jadi Prabowo yang Unggul - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

TPS Tempat Butet Gelar Coblos Ulang, Hasilnya Berbalik, Kini jadi Prabowo yang Unggul

TPS Tempat Butet Gelar Coblos Ulang, Hasilnya Berbalik, Kini jadi Prabowo yang Unggul


KONTENISLAM.COM
Tempat Pemungutan Suara (TPS) 032 Pakuncen, Kota Jogjakarta tempat Butet Kartaredjasa mencoblos menggelar pemungutan suara ulang (PSU). 

TPS 032 Pakuncen menggelar PSU pada Satbu (24/2/2024). PSU ini digelar lantaran ada saran perbaikan dari Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) bernomor 026/PP.01/K.YO-05-07/02/2024 perihal saran perbaikan.

Hasil pengawasan dari Panwaslu Kecamatan Wirobrajan terdapat ketidaksesuaian hak suara yang didapatkan oleh pemilih dengan kategori Daftar Pemilih Khusus.

"Jenis surat suara di TPS 32 Pakuncen Wirobrajan menggunakan 1 jenis surat suara yaitu Presiden dan Wakil Presiden, dengan jumlah pemilih sebanyak 193 orang," jelas Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogya Noor Harsya Aryosamodro.

Namun yang mengejutkan, dalam pemilihan ulang ini, yang awalnya dimenangkan Ganjar Pranowo kini berubah menjadi kemenangan Prabowo-Gibran. 

Berdasarkan keterangan Anggota KPPS TPS 32, dalam PSU ini total ada 98 suara yang masuk, dengan rincian 11 suara untuk paslon Anies-Muhaimin, 49 suara untuk paslon Prabowo-Gibran dan 35 suara untuk paslon Ganjar-Mahfud.
Hasil ini berubah dari hasil pemungutan suara pada Rabu (14/2/2024) lalu. Waktu itu, pemilihan presiden dan wakil presiden (PPWP) dimenangkan oleh paslon Ganjar-Mahfud.

“Kemarin paslon 03 yang menang, sekarang paslon 02 yang menang, berbalik,” ungkapnya.

Hasil PSU ini juga sedikit-banyak dipengaruhi oleh berkurangnya partisipasi masyarakat.

Di TPS 32, terdapat sebanyak 191.

Pada pemungutan suara pertama ada sekitar 140 orang yang datang memilih, sedangkan pada PSU hanya diikuti oleh 98 orang.

“Partisipasi menurun mungkin karena memang mendadak undangannya, baru H-2 dibagi. Kemudian juga tidak ada plan untuk pemungutan suara ulang. Jadi mungkin banyak yang kerja juga, di luar kota, karena kalau tanggal 14 kemaren pas hari libur,” ujarnya.

Sumber: tribunnews 

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close