Ustadz Dr Syafiq Riza Basalamah, Pendukung AMIN ☝️ Yang Kena Persekusi Banser - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Ustadz Dr Syafiq Riza Basalamah, Pendukung AMIN ☝️ Yang Kena Persekusi Banser


KONTENISLAM.COM
Pengajian Ustadz Syafiq Riza Basalamah di acara Tabligh Akbar di Masjid Assalam Purimas, Surabaya, pada Kamis malam (22/2/2024), dibubarkan paksa oleh Banser PAC GP Ansor Kecamatan Gunung Anyar, Surabaya.

GP Ansor mengatakan, alasan pihaknya menolak acara kajian oleh Ustaz Syafiq itu lantaran terindikasi radikal, ceramahnya provokatif dan adu domba.

"Sedangkan wilayah Gunung Anyar merupakan lumbung pesantren gudangnya ulama dengan karakter nahdliyin," kata Ketua PAC GP Ansor Gunung Anyar Surabaya, Asyiqun Nahdli, dilansir kumparan.

Menurutnya, kajian yang dilakukan Ustaz Syafiq itu dapat memunculkan konflik di tengah masyarakat.

Maka dari itu, kata dia, GP Ansor menolak karena bisa mengganggu keharmonisan di wilayah Gunung Anyar.

"Bukan persoalan figurnya tapi karena persoalan prinsipnya dalam berdakwah karena dia menghakimi golongan lain," jelasnya.

Ia menyebut, kajian atau isi ceramah dari Ustaz Syafiq itu bertentangan dengan aswaja yang dianut masyarakat Kecamatan Gunung Anyar.

-------------------------

Ustadz Dr. Syafiq Riza Hasan Basalamah salah satu tokoh Salafi yang menyerukan agar ikut pemilu sebagai upaya perbaikan negara. Saat Pilpres 2024 kemarin, Beliau ikut nyoblos dan menunjukkan dukungan untuk AMIN ☝️.

Ustadz Dr. Syafiq Riza Hasan Basalamah, Lc., M.A. (lahir 15 Desember 1977) adalah seorang ustadz Salafi, dosen, dan penulis yang berasal dari Jember, Jawa Timur. Ia menjabat sebagai anggota Dewan Fatwa Perhimpunan Al-Irsyad. Ia dikenal dari banyak video ceramah-ceramah di media sosialnya. Lulusan Universitas Islam Madinah ini meraih predikat cum laude sejak sarjana hingga doktoral.

Riwayat Hidup

Bernama lengkap Syafiq Riza bin Hasan bin Abdul Qadir bin Salim bin Zaid Basalamah, ia dilahirkan di Jember, Jawa Timur pada 15 Desember 1977.
Basalamah adalah salah satu marga Arab Hadramaut, Yaman. Kakek buyutnya, Salim bin Zaid Basalamah berhijrah dari Yaman menuju Hindia Belanda sebelum 1900-an. Kapal yang ditumpangi Salim berlabuh di Pelabuhan Teluk Bayur, Padang, Sumatera Barat. Di Padang, Salim menikahi seorang wanita Minangkabau serta sempat bekerja di pelabuhan dan menjadi guru mengaji. Salim bin Zaid Basalamah wafat dan dikuburkan di Padang, tetapi tidak diketahui lagi lokasinya.

Sepeninggal Salim, anak-anaknya pindah ke Batavia (kini Jakarta). Menurut ayah Syafiq, kakek Syafiq dan saudara-saudara kakeknya masih bisa berbahasa Minang, diketahui dari panggilan ammi (Indonesia: paman) Padang.

Pendidikan

Syafiq mengenyam pendidikan di Pesantren Al-Irsyad Al-Islamiyyah Bondowoso. Ia lulus dari madrasah tsanawiyah pada 1993 dan madrasah aliyah di pesantren itu pada 1996. Setelah lulus sekolah, ia mengambil program Diploma 1 (D1) di Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Jakarta dan lulus pada 1998.

Setelah lulus dari LIPIA, Syafiq diterima masuk Universitas Islam Madinah. Ia terlebih dahulu mengikuti Program Bahasa (Syu'batul Lughah) di universitas itu dan tamat 1999. Kemudian, ia lulus menempuh studi sarjana (S1) pada 2003, magister (S2) pada 2007, dan doktoral (S3) pada 2013 di Jurusan Dakwah Fakultas Dakwah dan Ushuluddin Universitas Islam Madinah dengan semuanya meraih predikat cum laude.

Disertasinya berjudul "Juhuudu Al Muassasaat wal Hai’aat Al Islaamiyyah Fi Indonesia Fi At Tashoddi Li At Tanshiir" (Peran Lembaga dan Organisasi Islam dalam Membendung Kristenisasi di Indonesia).

Ia berhasil mempertahankan disertasi di depan tim penguji beranggotakan Syekh Prof. Dr. Ali bin Ibrahim An-Namlah, Syekh Prof. Dr. Ghozi bin Ghozi Al-Mutthoiri, dan Syekh Dr. Fuad Abduh al-Ba'daani.

Karier akademisi

Menurut data Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (PDDikti Kemdikbudristek), Syafiq tercatat aktif sebagai dosen tetap pada program studi Ahwal Al-Syakhshiyyah di Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafi'i Jember sejak 2016. Ia mengampu beberapa mata kuliah di antaranya metode dakwah, akhlak islamiyah, sirah nabawiyah, dan lain-lain.

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close