Dinaungi Doa Rasulullah, Ini 4 Wilayah Arab yang Tidak Dimasuki Dajjal Jelang Kiamat - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Dinaungi Doa Rasulullah, Ini 4 Wilayah Arab yang Tidak Dimasuki Dajjal Jelang Kiamat

Masjid Al Jum'ah di Madinah tempat Nabi Muhammad SAW menggelar salat jumat pertama kali


KONTENISLAM.COM - Salah satu tanda kiamat adalah munculnya Dajjal. Kemunculan Dajjal menjadi salah satu dari 10 tanda kubra (besar) kiamat, di luar tanda-tanda kecil lain.

Penyebutan munculnya Dajjal sebagai tanda kiamat ini terdapat dalam hadis berderajat shahih riwayat Imam Muslim,

عَنْ حُذَيْفَةَ بْنِ أَسِيدٍ الْغِفَارِيِّ قَالَ اطَّلَعَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْنَا وَنَحْنُ نَتَذَاكَرُ فَقَالَ مَا تَذَاكَرُونَ قَالُوا نَذْكُرُ السَّاعَةَ قَالَ إِنَّهَا لَنْ تَقُومَ حَتَّى تَرَوْنَ قَبْلَهَا عَشْرَ آيَاتٍ فَذَكَرَ الدُّخَانَ وَالدَّجَّالَ وَالدَّابَّةَ وَطُلُوعَ الشَّمْسِ مِنْ مَغْرِبِهَا وَنُزُولَ عِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَيَأَجُوجَ وَمَأْجُوجَ وَثَلَاثَةَ خُسُوفٍ خَسْفٌ بِالْمَشْرِقِ وَخَسْفٌ بِالْمَغْرِبِ وَخَسْفٌ بِجَزِيرَةِ الْعَرَبِ وَآخِرُ ذَلِكَ نَارٌ تَخْرُجُ مِنْ الْيَمَنِ تَطْرُدُ النَّاسَ إِلَى مَحْشَرِهِمْ
Artinya, “Dari Hudzaifah bin Asid Al Ghifari berkata, Rasulullah SAW menghampiri kami saat kami tengah membicarakan sesuatu. Ia bertanya, ‘Apa yang kalian bicarakan?’ Kami menjawab, ‘Kami membicarakan kiamat.’ Ia bersabda, ‘Kiamat tidaklah terjadi sehingga kalian melihat sepuluh tanda-tanda sebelumnya.’ Rasulullah menyebut kabut, Dajjal, binatang (ad-dābbah), terbitnya matahari dari barat, turunnya Isa bin Maryam AS, Ya'juj dan Ma'juj, tiga gerhana; gerhana di timur, gerhana di barat dan gerhana di jazirah Arab dan yang terakhir adalah api muncul dari Yaman menggiring manusia menuju tempat perkumpulan mereka,” (Lihat Abul Husain Muslim bin Hajjaj bin Muslim An-Naisaburi, Al-Jāmi’us Ṣaḥīḥ, [Beirut, Dārul Afaq Al-Jadidah: tanpa tahun], juz VIII, halaman 178).

Diriwayatkan, Dajjal dan pengikutnya akan membuat kekacauan dan fitnah di muka bumi pada akhir zaman. Tiap jengkal bumi tak lepas dari angkara murka Dajjal dan pengikutnya.

Namun, atas kuasa Allah SWT ada empat wilayah atau negeri yang tak akan bisa dimasuki Dajjal. Rasulullah SAW telah berdoa kepada Allah agar umat Islam dapat berlindung dari Dajjal dengan mendoakan tempat-tempat berikut ini.

Bahkan, di antara wilayah yang tidak bisa dimasuki Dajjal itu, salah satu kota gerbangnya akan menjadi tempat dibunuhnya Dajjal jelang kiamat yang seluruhnya berada di Jazirah Arab.

Berikut rangkumannya mengutip dari laman makintau.com via kanal Islami Liputan6.com, Minggu (31/3/2024).

1. Makkah
Rasulullah pernah mengatakan bahwa Makkah adalah tempat terbaik di bumi, Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Demi Allah, engkau adalah sebaik-baik bumi dan bumi Allah yang paling dicintai-Nya. Seandainya aku tidak terusir darimu, aku tidak akan keluar (dari Makkah),” (HR. Tirmidzi)

Rasulullah juga mengatakan bahwa Makkah adalah tempat yang tidak akan bisa dimasuki oleh dajjall. Ketika dajjal melakukan kerusakan-kerusakan di mana-mana, Allah memerintahkan para malaikat untuk menjaga Mekah. Dalam hadis Fathimah bin Qais Radhiyallahu ‘Anha disebutkan bahwa dajjal mengatakan,

Aku akan keluar dan menelusuri muka bumi. Tidaklah aku membiarkan suatu daerah kecuali pasti aku singgahi dalam masa empat puluh malam kecuali Makkah dan Thoybah (Madinah). Kedua kota tersebut diharamkan bagiku. Tatkala aku ingin memasuki salah satu dari dua kota tersebut, malaikat menemuiku dan menghadangku dengan pedangnya yang mengkilap. Dan di setiap jalan bukit ada malaikat yang menjaganya,” (HR. Muslim)

Karena dijaga oleh malaikat-malaikat Allah, maka dajjal tidak akan mungkin bisa untuk masuk ke dalam Makkah. Karena Makkah adalah tempat yang suci sekaligus tempat terbaik di muka bumi.

2. Madinah
Dajjal juga tidak dapat memasuki Madinah, seperti yang sudah dijelaskan dalam hadis diatas. Madinah juga tempat suci yang dijaga oleh para malaikat Allah.

Setiap kali dajjal mencoba memasuki tempat tersebut malaikat akan menghadangnya, sebagaimana yang disebutkan dalam hadis berikut:

“Di setiap tembok atau batas kota Madinah ada malaikat. Kota Madinah tidak akan bisa dimasuki oleh penyakit tha’un (lepra) tidak pula dajjal,” (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Yaman
Yaman adalah negeri yang juga didoakan oleh Rasulullah. Rasulullah pernah mendoakan Yaman agar menjadi sebuah negeri yang diberkahi, iman, ilmu dan hikmah adalah hal yang identik dengan negeri tersebut.

Sebagaimana dalam hadis berikut,

“Penduduk negeri Yaman telah datang kepada kalian. Mereka adalah orang yang paling lembut hatinya. Iman itu ada pada Yaman, Fiqih ada pada Yaman, dan hikmah ada pada Yaman.” (HR. Ahmad)

4. Syam
Syam adalah tempat yang Rasulullah doakan di akhir zaman. Dahulu, Syam meliputi Suriah, Palestina, Jordania dan Lebanon. Namun kini Syam telah terpecah-pecah menjadi beberapa negara.

Rasulullah pernah berdoa,

“Ya Allah, berkahilah kami pada negeri Syam kami. Ya Allah, berkahilah kami pada negeri Yaman kami.” (HR. Bukhari)

Sumber: 
Liputan6

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close