Film DUNE, Mengapa Penulisnya Terinspirasi dari Islam?

Daftar Isi

KONTENISLAM.COM - Oleh: Susan Devy
 
Dune, film science fiksi yang berasal dari novel science fiksi terbaik, saat ini sedang diputar di bioskop.

Bagi orang muslim yang sudah pernah menonton film pertamanya akan tersentak karena ada beberapa istilah Islam yang digunakan dalam film ini.

Frank Herbert, penulis novel Dune memang meminjam banyak kosa kata dari Islam, ada yang menghitung sekitar 80 kata digunakan dalam novel ini, antara lain yaitu: Jihad, Syuhada, Mahdi, Maula, Kitab, Ayat, Wali, Ilm, Ulama, Fiqih, dan lain sebagainya.
Banyak yang bilang kalau Frank Herbert terinspirasi dari karya masterpiece Ibnu Khaldun yang berjudul "Mukadimah", dan Herbert (8 Oktober 1920 – 11 Februari 1986) sebenarnya adalah seorang jurnalis yang meliput situasi di Timur Tengah dan Afrika Utara di masa penjajahan di awal abad ke-20.

Jadi tidak heran kalau tokoh-tokoh utama dalam novel Dune ini terinspirasi dari berbagai tokoh jihadis dan Sufi di era itu, antara lain AbdulQadir Al-Jaza'iri dari Algeria, Imam Shamil dari Checnya, Muhammad Ahmad bin Abdullah dari Sudan. Mereka semua adalah pahlawan syuhada yang melawan kolonialisme Barat.

Maka pertanyaannya: kenapa Herbert mengambil tokoh-tokoh syuhada dari negara Islam untuk novelnya?

Pertama, jelas bahwa Herbert sangat terkesan dengan perjuangan para syuhada dari dunia Islam, sama seperti kita di Indonesia yang memiliki banyak pahlawan syuhada ketika masa penjajahan dulu, kisah perjuangan melawan tirani adalah suatu hal yang sangat luarbiasa.

Kedua, karena dunia barat tidak mampu menciptakan tokoh-tokoh syuhada seperti yang banyak muncul di dunia Islam.

Memang banyak aliran dari barat yang berusaha mencapai level makrifat atau totalitas penyerahan diri dan pasrah, tapi mereka cuma sampai pada level itu saja, dan tidak bisa ke tahap selanjutnya yaitu perjuangan melawan kebatilan dan membela kebenaran.

Seperti Leo Tolstoy dan Dostoevsky, mereka adalah Pemikir barat yang berhasil sampai pada tahap pasrah dan berserah diri, tapi ya sudah berhenti disitu saja, tidak bisa sampai ke tahan selanjutnya.

Herbert paham betul bahwa hanya Islam-lah yang bisa melahirkan tokoh-tokoh syuhada, dan perjuangan Jihad oleh sang Mahdi suatu saat akan tiba, dan itulah esensi dari novel Dune ini.

Novel Dune ini dinobatkan sebagai novel science fiksi terbaik, yang menginspirasi banyak karya sastra lainnya, seperti The song of fire and ice oleh George Martin, dan juga film Starwars oleh George Lucas.

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close