Menguak Tabir Penolakan Pengajian Ustaz Syafiq di Surabaya, Iskandar Ceritakan Kejadian Sebenarnya

Daftar Isi
Artikel

KONTENISLAM.COM - Menguak tabir cerita penolakan pengajian ustaz Syafiq Riza Basalamah di Masjid Assalam, Surabaya, Kamis (22/2) lalu dari progam Fakta tvOne.

Dalam tayangan progam tersebut, Ketua Yayasan Masjid Assalam, Iskandar menjelaskan, bahwa masjid tersebut selain tempat beribadah, juga sebagai tempat pusat kajian.

"Terkadang kita itu menerima permintaan dari pihak lain untuk mengadakan pengajian. Terutama kajian-kajian besar yang menghadirkan banyak jemaah. Salah satunya ustaz Sayfiq," cerita Iskandar.

"Dan ustaz Syafiq ini sebetulnya yang keenam, kajian di sini yang keenam. Dan alhamdulillah saat yang kelima tidak ada halangan," sambungnya menceritakan.

Lanjutnya menceritakan, kira-kira tiga hari sebelum acara kajian dan pengajian, pihak yayasan mendapat surat penolakan.

"Surat itu dari saudara-saudara kita GP Ansor, yang mengatakan seperti yang disampaikan di media," jelasnya.

"Sebetulnya kita sempat tabayun sama mereka, hal itu difasilitasi oleh aparat penegak hukum dan muspidah. Apalagi melihat kondisi saat ini kurang kondusif," sambungnya menjelaskan.

Kemudian pada akhirnya, kata dia, mereka sepakati kajian pada hari itu ditiadakan.

Lalu, disinggung oleh tim Fakta tvOne soal menjawab surat dari GP Ansor, ia katakan, pihaknya tidak menjawab tetapi mereka lakukan tabayun saja.
 
"Tabayun dari perwakilan kiai dari sini, dari NU. Artinya kita tiak melihat poin yang digaris bawahi GP Ansor (soal ceramah provokasi) kan presefsinya bisa beda kan" ujar Iskandar.

Tetapi ia katakan, pihaknya tabayun dan suadah bertemu dengan GP Ansor di Polsek pada hari itu juga (sebelum terjadi kericuhan).

Mirisnya, pada saat pihaknya membuat kesepakatan meniadakan pengajian di Kapolsek, waktunya sudah menunjukan pukul 14.00 waktu setempat.

Bahkan yang mengejutkannya lagi, jemaah sudah memadati kawasan masjid, meskipun sebelumnya pihaknya sudah takedown eflayer.

"Cuma jemaah ini kan sudah banyak menuju ke masjid dan kita sepakati juga, akan digantikan ustaz lain untuk pengajian, agar jemaah tak kecewa," kata Iskandar.

Bahkan, pada saat itu, ia katakan, ustaz Syafiq memang tidak hadir pada saat itu.

Pemicu Keributan

Kemudian, disinggung apa yang jadi pemicu keributan, sementara ustaz Syafiq tidak ada di lokasi.

Ia jelaskan, hal itu terjadi dari fakto emosional saja dan mungkin jemaah sudah merasa kecewa karena sudah hadir dan sampai di sini dibatalkan.

"Bisa jadi, ada informasi simpang siur yang kita tidak tahu dan sesuatu yang memang sulit bisa terjadi keributan seperti ini," jelasnya.

Sementara, kata dia, saat disampaikan pengajian ditiadakan kepada ustaz Syafiq, beliau tidak ada masalah.
 
"Kita tunda, kita ajak dialog mereka, mudah-mudahan hal ini tidak terjadi lagi, dan itu yang diinginkan ustaz Syafiq," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Pengajian Ustaz Syafiq Riza Basalamah di Surabaya batal digelar setelah ormas GP Ansor mengeluarkan surat keberatan dan menilai ceramahnya bersifat provokatif dan adu domba.

Ustaz Syafiq Riza Basalamah dijadwalkan mengisi pengajian di Masjid Assalam Purimas Surabaya pada Kamis (22/2/2024) pukul 18:00 WIB. Namun pengajian tersebut batal.

“Kami Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor das Satuan Koordinasi Rayon Banser Gunung Anyar Kota Surabaya keberatan atas kehadirannya, mengingat bahwa ceramah bersifat bersifat provokatif dan adu domba,” tulis surat GP Ansor yang dikutip tvOnenews.com dari Instagram @syafiqrizabasalamah_official, Kamis (22/2/2024).

Surat yang ditandatangani Ketua M Asyiqun Nahdlil dan Sekretaris Awin Musyarifin itu juga menuliskan bahwa ceramah Ustaz Syafiq Riza Basalamah dianggap cenderung menimbulkan ujaran kebencian dan dapat memecah belah kerukunan umat Islam khususnya di wilayah Kecamatan Gunung Anyar.

“Pada dasarnya kami bukan anti pengajian yang diselenggarakan oleh siapapun, kapanpun, dimanapun sangat dianjurkan, namun kami sangat keberatan keras atas dakwah Syafiq Riza Hasan Basalamah yang menimbulkan keresahan pada masyarakat kita,” tulis surat tersebut.

Merespons surat keberatan dari GP Ansor itu, Ustaz Syafiq Riza Basalamah membatalkan pengajian tersebut.

Ustaz Syafiq Riza Basalamah mengumumkan batalnya kajian tersebut lewat akun Instagram pribadinya @syafiqrizabasalamah_official.

Ini bukan penolakan pengajian pertama kali yang dikeluarkan GP Ansor dan Banser NU.

Setidaknya ada 5 ustaz kondang yang pernah mengalami kejadian tidak mengenakkan itu, yakni Ustaz Hanan Attaki, Ustaz Khalid Basalamah, Ustaz Firanda Andirja, Ustaz Felix Siauw, dan Ustaz Abdul Somad.

Sumber:
TvOne

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close