Prabowo dan Xi Jinping Makin Mesra, Media China Ragukan Indonesia - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Prabowo dan Xi Jinping Makin Mesra, Media China Ragukan Indonesia


KONTENISLAM.COM - Pertemuan antara Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Presiden China Xi Jinping di Beijing telah menarik perhatian media China.

Meskipun dianggap bahwa hubungan keduanya semakin erat, namun ada keraguan di Indonesia terkait kemungkinan negara tersebut memihak dalam rivalitas antara China, Amerika Serikat (AS), dan Barat.

Prabowo telah dijadwalkan untuk mengunjungi China mulai dari Minggu (31/3/2024) hingga Selasa (2/4/2024).

Media China Global Times mengungkapkan adanya harapan besar dari kedua pihak untuk menjaga momentum hubungan persahabatan.

Akan tetapi, mereka juga menyoroti keraguan yang disisipkan oleh para analis terkait sikap Indonesia dalam rivalitas global saat ini.

"Para analis menegaskan bahwa memperkuat hubungan dengan China tidak selalu berarti bahwa Indonesia akan memihak dalam persaingan antara negara-negara besar," demikian tulisnya.

"Indonesia akan tetap pada kebijakan netral dan akan berperan secara aktif dalam menangani isu-isu regional," tambahnya.

Selain bertemu dengan Xi Jinping, Prabowo juga dijadwalkan untuk bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Li Qiang.

Kedua belah pihak direncanakan untuk membahas berbagai aspek dalam hubungan bilateral serta masalah-masalah yang menjadi perhatian bersama.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Lin Jian, menegaskan bahwa keputusan Prabowo untuk mengunjungi China setelah terpilih sebagai Presiden Indonesia mencerminkan tingkat hubungan yang tinggi antara Indonesia dan China.

Lin menambahkan bahwa kedua negara tersebut merupakan negara berkembang penting yang mewakili kepentingan negara-negara berkembang, dengan hubungan persahabatan tradisional yang kuat dan kerja sama yang erat serta mendalam.

Dalam beberapa tahun terakhir, di bawah arahan strategis dari Presiden Xi Jinping dan Presiden Joko Widodo, hubungan antara kedua negara terus terjaga, dengan momentum pembangunan yang kuat dan memasuki fase baru dalam membangun komunitas masa depan bersama.


Sumber:  
Tribun

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close