Presiden Guyana Viral, Bertengkar dengan Wartawan dalam Wawancara Isu Perubahan Iklim

Daftar Isi
Presiden Guyana Viral, Bertengkar dengan Wartawan dalam Wawancara Isu Perubahan Iklim

KONTENISLAM.COM -Presiden Guyana Irfaan Ali berdebat dengan wartawan BBC Stephen Sackur dalam sebuah wawancara.

Video itu menjadi viral di media sosial dikutip dari BBC dan News 18. Perdebatan terjadi saat mereka dalam program wawancara dan mengangkat tema tentang perubahan iklim.

Pertanyaan wartawan BBC membuat sang presiden emosi dan berapi-api memotong pertanyaan sang jurnalis.

Kejadian itu terjadi dalam program wawancara HARDTalk saat membahas perubahan iklim dan ladang minyak baru di Guyana.

Presiden Guyana Irfaan Ali kesal saat mendiskusikan ladang minyak lepas pantai yang baru ditemukan di Guyana.

Irfaan Ali tidak menyetujui ketika jurnalis Sackur menanyainya mengenai rencana Guyana untuk mengebor minyak dari cadangan minyak yang baru ditemukan.

“Dalam satu atau dua dekade ke depan, diperkirakan akan ada minyak dan gas senilai 150 miliar dolar yang diekstraksi di lepas pantai Anda. Sungguh angka yang luar biasa. Namun secara praktis, itu berarti dua miliar ton emisi karbon akan berasal dari dasar laut dan dilepaskan ke atmosfer,” kata Sackur.

Presiden Ali segera menyela dan emosi.

“Biarkan saya menghentikan Anda sekarang juga! Tahukah Anda bahwa Guyana memiliki hutan seluas gabungan Inggris dan Skotlandia, hutan yang menyimpan 19,5 gigaton karbon, yang tetap kita jaga keberlangsungannya,” ucap sang presiden.

Dia kemudian menghujani Sackur dengan banyak tandingan. Sackur mencoba membalas dengan menanyakan apakah melindungi hutan Guyana memberinya hak untuk melepaskan karbon ke atmosfer.

Hal ini jelas membuat Ali marah.

“Apakah Anda berhak memberi tahu kami tentang perubahan iklim? Saya akan memberi kuliah kepada Anda tentang perubahan iklim. Kami telah menjaga hutan ini tetap hidup sehingga kalian dapat menikmatinya dan dunia dapat menikmatinya, yang tidak Anda bayar untuk kami, yang tidak Anda hargai. Tebak apa? Kita mempunyai tingkat deforestasi terendah di dunia! Tebak apa? Bahkan dengan eksplorasi minyak dan gas terbesar sekalipun, kita masih akan tetap berada pada posisi net zero,” katanya.

Bolak-balik antara jurnalis BBC dan Presiden Guyana mengingatkan kita pada perdebatan seputar isu imperialisme karbon.

Imperialisme karbon adalah istilah yang digunakan oleh negara-negara berkembang yang merasa negara-negara Barat dan Utara memaksakan pandangan mereka mengenai perlindungan lingkungan tentang emisi karbon.

Guyana memiliki cadangan sekitar 11 miliar barel dan itu berarti pertumbuhan per kapita Guyana dapat meningkat karena ladang minyak ini dapat mengubah negaranya menjadi negara maju.

Banyaknya minyak dan gas di bawah perairan pesisirnya menjadikan negara ini berada di peringkat 20 besar, setara dengan negara-negara seperti Norwegia, Brasil, dan Aljazair.

Menurut Dana Moneter Internasional (IMF), Guyana juga merupakan negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di Amerika Selatan, dan telah tumbuh sebesar 62% pada tahun lalu.

IMF juga memperkirakan bahwa produk dalam negeri per kepala akan mencapai $60.000. Nilainya adalah $11.000 ketika deposit minyak pertama kali ditemukan pada tahun 2015.

Dikutip dari BBC, Guyana berada di antara Venezuela dan Suriname, bekas jajahan Inggris. Guyana adalah satu-satunya negara berbahasa Inggris di Amerika Selatan.

Sejak kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1966, Guyana telah menyaksikan persaingan politik yang sengit antara dua partai utama yang berbasis etnis.

Sebagian besar wilayah negara ini ditutupi oleh hutan hujan tropis dan, meskipun kaya akan cadangan bauksit, emas, dan kayu, negara ini secara tradisional berjuang untuk mengentaskan kemiskinan dan menarik investasi untuk meningkatkan perekonomiannya.

Perekonomian Guyana telah mengalami transformasi sejak ditemukannya minyak mentah pada tahun 2015 dan pengeboran komersial pada tahun 2019.

Sengketa perbatasan yang telah berlangsung selama satu abad dengan Venezuela kembali muncul setelah penemuan cadangan minyak lepas pantai yang besar ini.

Sumber: 
Disway

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close