Ssst! Ini 4 Nama Calon Menkeu Prabowo yang Bakal Gantikan Sri Mulyani - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Ssst! Ini 4 Nama Calon Menkeu Prabowo yang Bakal Gantikan Sri Mulyani

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo saat mengadakan pertemuan untuk membahas perbankan mengenai tantangan dan lingkungan perekonomian terkini. (Instagram @smindrawati)

KONTENISLAM.COM - Usai Prabowo Subianto ditetapkan sebagai presiden terpilih 2024-2029, sejumlah nama santer disebut bakal mengisi pos menteri dalam kabinetnya nanti.

Setidaknya ada empat nama yang disebut bakal menggantikan Sri Mulyani memimpin Kementerian Keuangan.

Berdasarkan sejumlah sumber yang ditemui CNBC Indonesia, terdapat empat nama yang digodok mengisi posisi Menteri Keuangan.

Keempat nama tersebut adalah Ketua Dewan Komisioner Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar; Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo atau Tiko; Chatib Basri; dan terbaru Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

Nama Perry baru muncul dalam bursa calon Menteri Keuangan. Sumber CNBC Indonesia mengatakan nama bos bank sentral masuk dalam daftar karena berbeda dibandingkan tokoh lainnya.

Perry juga diketahui jadi salah satu orang yang menyelamatkan Indonesia dari krisis saat dunia dihantam Pandemi Covid-19 lalu.

Anggota Dewan Pakar TKN Drajad Wibowo angkat bicara kabar Perry jadi salah satu calon Menteri Keuangan. Dia hanya mengatakan spekulasi bisa saja berbahaya.

"Spekulan kabinet sepertinya sama bahayanya dengan spekulan pasar modal dan pasar uang," kata Drajad.

Sumber lainnya, yang merupakan orang dekat Prabowo, mengatakan beberapa nama di atas memang dalam proses pembahasan.

Sementara itu, Sri Mulyani disebut tak bakal masuk kabinet Prabowo karena memiliki perbedaan visi.

"Yang sering saya jawab adalah Pak Prabowo dan Mba Ani (Sri Mulyani) itu beda frekuensi, dalam arti punya beda pandangan mengenai arah kebijakan pembangunan," kata Drajad.

Prabowo dan wakil presiden Gibran Rakabuming Raka diketahui melakukan pertemuan pekan lalu di Jakarta.

Gibran mengakui salah satu yang dibicarakan adalah soal kabinet keduanya nanti saat jadi pemimpin Indonesia.

"Pembicaraan banyak, ya salah satunya itu (soal kabinet)," kata Gibran dikutip dari detikcom.

Pertemuan itu terjadi dua hari setelah Prabowo dan Gibran ditetapkan sebagai pemenang Pemilu 2024. Pasangan nomor urut 02 mengantongi 58% dan unggul 36 provinsi.

Isu susunan kabinet juga tersebar di media massa dan media sosial. Lini masa X, yang dulunya Twitter, ramai setelah beredar kabar susunan kabinet Prabowo dan Gibran.

Salah satu yang muncul adalah tiga nama kandidat Menteri Keuangan, yakni pengusaha Wishnu Wardhana; mantan Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro; dan mantan ekonom senior Chatib Basri.

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Afriansyah Noor membantah poster tersebut. Dia mengatakan informasi yang termuat dalam poster itu tidak benar.

"Itu tidak benar," kata dia.

Sumber:
CNBC

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close