Ditagih Berulang Kali, Anies Akhirnya Bagikan Hasil Tes MBTI: Sesuai Perkiraan Tidak? - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Ditagih Berulang Kali, Anies Akhirnya Bagikan Hasil Tes MBTI: Sesuai Perkiraan Tidak?

https://www.jawapos.com/nasional/014509849/ditagih-berulang-kalianies-baswedan-akhirnya-bagikan-hasil-tes-mbtisesuai-perkiraan-tidak


KONTENISLAM.COM Setiap manusia memiliki kepribadian yang unik dan berbeda-beda, bahkan pada orang yang kembar sekali pun.

Dalam tes MBTI, kepribadian manusia dibagi ke dalam 16 kategori. Pengkategorian ini didasarkan pada urutan fungsi kognitif yang ada pada diri manusia.

Sebagai informasi, MBTI adalah singkatan dari The Myers-Briggs Type Indicator. 
 
MBTI merupakan sebuah instrumen untuk melakukan self-assesment atau tes kepribadian mandiri yang sederhana.
 
Assesment ini dilakukan untuk mengetahui cara seseorang dalam mengolah informasi, mengambil suatu keputusan, dan cara memandang sebuah masalah yang ada.
 
Menurut Carl Jung, manusia memiliki 4 fungsi pokok yaitu: intuisi, pengindra, perasa, dan berpikir, yang kemudian akan dicabangkan lagi menjadi 4 rentang: Introvert vs ekstrovert, Sensing vs Intuition, Thinking vs Feeling, dan Judging vs Perceiving. 
 
Tes MBTI bisa dilakukan oleh setiap orang untuk mengetahui kepribadian mandiri yang dimilikinya, tak terkecuali oleh Anies Baswedan.
 
Dalam unggahan akun X-nya (@aniesbaswedan), pada 2 April 2024, akhirnya membagikan hasil tes MBTInya kepada publik. 
 
"Karena ditagih terus, akhirnya tes MBTI ini saya tuntaskan. Hasilnya: saya termasuk tipe ENFJ. Sesuai perkiraan tidak?" tulis Pak Anies pada unggah tersebut (2/4).
 
Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, juga berpendapat mengenai MBTI ini yang menurutnya sebagai salah satu metode oversimplifikasi dalam mengenali diri kita masing-masing.

"Sebenarnya ada berapa tipe kepribadian di dunia ini? Ada sekitar 8 milyar tentu saja, karena tiap manusia itu unik. Tapi MBTI ini memang salah satu oversimplifikasi yg memudahkan kita lebih mengenali diri dan menavigasi hubungan dgn orang lain. Terima kasih buat yg sudah tanya tipe MBTI saya, jadi bikin saya dapat ilmu baru lagi," sambungnya.
 
Di akhir captionnya ia menuliskan bahwa hasil tes MBTInya menjuru kepada kepribadian kubu Ravenclaw, salah satu asrama yang ada di serial Harry Potter yang terkenal dengan tingkat kecerdasan yang tinggi, kreativitas, dan kebijaksanaan.

"Jadi sudah lunas ya. Dan maaf kalau narasi posting ini terlalu Ravenclaw. :)," pungkasnya.
 
Berikut hasil lengkap tes MBTI yang dibagikan oleh Anies Baswedan kepada publik melalui unggahan di akun X pribadinya tersebut.

Hasil tes MBTInya menunjukkan ENFJ, dengan menonjolkan sifat-sifat seperti peduli, antusias, idealis, terorganisir, diplomatis, bertanggung jawab, komunikator yang terampil dan menghargai hubungan dengan orang-orang. 
 
Sebagai seorang ENFJ, Pak Anies memiliki rasa altruisme dan empati yang mendalam terhadap orang lain. ENFJ juga memiliki insting intuitif terhadap emosi orang lain, dan sering bertindak sebagai penunjuk arah emosional bagi orang-orang di sekitarnya. Seseorang yang memiliki karakter ini cenderung secara pribadi merasakan perasaan orang lain, dan merasa terdorong untuk bertindak ketika melihat orang-orang menderita.
 
Pada intinya, ENFJ adalah seorang kemanusiaan, dan merasa keprihatinan yang tulus terhadap penderitaan umat manusia secara keseluruhan.
 
Sepertinya tes MBTI yang dibagikan oleh Pak Anies Baswedan ini sangat mencerminkan selama ia berkecimpung di dunia pendidikan dan politik. Hampir keseluruhan tes tersebut dimiliki oleh pribadi Anies Baswedan selama perjalanan hidupnya di dunia pendidikan dan politik. 



Sumber: jawapos

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close