Korban Gempa Taiwan, Hualien Kawasan Terparah hingga Evakuasi Mandiri Warga di Gedung-gedung Miring - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Korban Gempa Taiwan, Hualien Kawasan Terparah hingga Evakuasi Mandiri Warga di Gedung-gedung Miring


KONTENISLAM.COM - Gempa bumi berkekuatan 7,4 skala Richter mengguncang Taiwan pada Rabu (3/4/2024).

Dikabarkan, gempa tersebut merupakan yang terkuat menyerang Taiwan dalam 25 tahun.

Update dari The Straits Times, gempa Taiwan menewaskan satu orang kemudian puluhan orang luka-luka.

Gempa juga memicu peringatan tsunami untuk Jepang selatan dan Filipina yang akhirnya telah dicabut.

Departemen pemadam kebakaran Taiwan melaporkan satu orang diduga tewas tertimpa batu yang jatuh di daerah pegunungan Hualien di bagian timur, tak jauh dari tempat pusat gempa berada, dan lebih dari 50 orang terluka.

Setidaknya 26 bangunan runtuh, lebih dari setengahnya berada di Hualien, dengan sekitar 20 orang terjebak dan upaya penyelamatan masih berlangsung, katanya.

Stasiun-stasiun televisi Taiwan menayangkan cuplikan bangunan-bangunan pada sudut yang berbahaya di Hualien, di mana gempa terjadi tepat di lepas pantai sekitar pukul 8 pagi ketika orang-orang sedang berangkat kerja dan sekolah.

Gempa tersebut, yang mematikan aliran listrik di beberapa bagian ibu kota Taipei, memiliki kedalaman 15,5 km, menurut Badan Cuaca Pusat Taiwan.

Ini adalah gempa terkuat yang melanda pulau itu dalam 25 tahun terakhir, kata media pemerintah.

Prakiraan Gempa Tepat Sasaran

Wu Chien-fu, direktur Pusat Seismologi Administrasi Cuaca Pusat Taipei, memperingatkan bahwa pihak berwenang tidak mengesampingkan bahwa “akan ada gempa bumi berkekuatan 6,5 hingga 7 skala Richter dalam tiga hari yang relatif dekat dengan daratan”.

Badan cuaca Jepang mengatakan beberapa gelombang tsunami kecil mencapai bagian selatan prefektur Okinawa, dan kemudian menurunkan peringatan tsunami sebelumnya menjadi peringatan. Ini merevisi besarnya menjadi 7,7.

Survei Geologi AS (USGS) menyebutkan gempa berkekuatan 7,4.

Tayangan TV langsung dari pelabuhan di wilayah Okinawa, termasuk Naha, menunjukkan kapal-kapal menuju ke laut, kemungkinan dalam upaya melindungi kapal mereka.

Penerbangan ditangguhkan di bandara utama Okinawa sebagai tindakan pencegahan, kata seorang pejabat kementerian transportasi kepada AFP.

Badan Seismologi Filipina juga mengeluarkan peringatan bagi warga di wilayah pesisir beberapa provinsi, mengimbau mereka untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

Taiwan juga mengeluarkan peringatan tsunami, namun melaporkan tidak ada kerusakan akibat peringatan tersebut, dan Pusat Peringatan Tsunami Pasifik di Hawaii kemudian mengatakan bahwa risiko gelombang tsunami yang merusak kini sebagian besar telah berlalu.

Menurut saksi mata Reuters, gempa susulan masih terasa di Taipei, dan sejauh ini tercatat lebih dari 25 gempa susulan, menurut badan cuaca pusat Taiwan.

Media pemerintah Tiongkok mengatakan gempa tersebut dirasakan di provinsi Fujian, Tiongkok, sementara seorang saksi mata Reuters mengatakan gempa juga dirasakan di Shanghai.

Pemerintah kota Taipei belum menerima laporan kerusakan apa pun, dan MRT di kota tersebut langsung beroperasi setelahnya, sementara operator listrik Taipower mengatakan lebih dari 87.000 rumah tangga di Taiwan masih tanpa aliran listrik.

Dua pembangkit listrik tenaga nuklir Taiwan tidak terkena dampak gempa tersebut, tambah Taipower.
 
Operator kereta api berkecepatan tinggi Taiwan mengatakan tidak ada kerusakan atau cedera yang dilaporkan pada keretanya, namun menambahkan bahwa kereta akan tertunda saat pihaknya melakukan inspeksi.

Penduduk Taipei menerima peringatan dari kepala wilayah setempat untuk memeriksa kebocoran gas.

“Saya ingin lari tetapi saya tidak berpakaian. Itu sangat kuat,” kata Kelvin Hwang, seorang tamu hotel di pusat kota yang mencari perlindungan di lobi lift di lantai sembilan.

Taman Sains Taiwan Selatan, tempat raksasa semikonduktor Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC) memiliki pabrik, mengatakan perusahaan-perusahaan tersebut beroperasi tanpa dampak.

TSMC mengatakan sistem keselamatannya beroperasi normal.

“Untuk menjamin keselamatan personel, beberapa pabrik dievakuasi sesuai prosedur perusahaan. Kami saat ini sedang mengkonfirmasi rincian dampaknya,” menurut perusahaan.

Saham TSMC turun 1,4 persen pada awal perdagangan, sementara saham pemasok Apple Foxconn turun lebih dari 2 persen dan saham pembuat panel datar Au Optronics turun 1,7 persen

Sumber:
Tribunnews

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close