Rental Avanza dan Innova Laris Manis Jelang Mudik 2024, Sewa Mulai Rp 4,5 Juta - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Rental Avanza dan Innova Laris Manis Jelang Mudik 2024, Sewa Mulai Rp 4,5 Juta

Rental Avanza dan Innova Laris Manis Jelang Mudik 2024, Sewa Mulai Rp 4,5 Juta

KONTENISLAM.COM - Jelang musim mudik Lebaran 2024, bisnis rental mobil sudah banyak mendapat pesanan sewa. Model yang umum dan jadi primadona para penyewa adalah Toyota Avanza hingga Kijang Innova.

“Sudah banyak yang booking di sini untuk mudik, sekarang lebih ramai peningkatannya sekitar 50 persen. Ada 15 mobil yang disewa untuk mudik. Sekarang sisanya masih ada 6 unit mobil,” buka Sahad pemilik Mitra Rent Car di kawasan Ciganjur, Jakarta Selatan kepada kumparan beberapa waktu lalu.

Sahad juga merinci biaya sewa mobil yang ditawarkan berupa paket 10 hari. Untuk Innova di harga Rp 11,5 juta dengan sistem lepas kunci. Sedangkan Avanza dibanderol Rp 8 juta dengan sistem yang sama.
Senada dengan Sahad, Raja, pemilik rental mobil Berkah jaya di kawasan Cipedak, Jakarta Selatan juga mengatakan usahanya mengalami peningkatan yang signifikan.

“Sudah banyak yang booking dan nanya-nanya buat mudik. Kalau di sini yang sudah dibooking ada 7 mobil, sisa 3 lagi yang ready," tutur Raja.

Raja hanya menyewakan mobil tipe Toyota Avanza dengan paket 7 hari di harga Rp 4,5 juta dan 10 hari di harga Rp 6 juta. “Harganya segitu semuanya lepas kunci,” tambahnya.

Bagi Raja aturan ganjil-genap yang diterapkan pemerintah untuk mengantisipasi kemacetan di jalur mudik tidak berpengaruh kepada jasa penyewaan mobil di tempatnya.

Ia juga menambahkan untuk pemudik yang menyewa di Berkah Jaya rata-rata ke wilayah di Pulau Jawa. ”Saya enggak mau kalau (mobilnya) disewa ke arah Sumatera, soalnya riskan kalau ke sana,” tutup Raja.

Berbeda dengan Sahad dan Raja, Yosua pemilik Widy Rent Car di kawasan Beji, Depok justru merasa ada penurunan minat penyewa kendaraan di wilayahnya. “Tahun lalu sebelum puasa sudah banyak yang booking untuk mudik Lebaran,” katanya.

Yosua menduga penurunan ini disebabkan semakin beragamnya armada transportasi yang lebih nyaman dan beragam. Selain itu menjamurnya rental mobil dan persaingan harga yang ketat juga menjadi kendala bagi bisnis rental mobil miliknya.

“Saat ini baru 9 mobil yang sudah dibooking. Kayaknya H-7 Lebaran baru mulai ramai,” tukasnya.
Yosua menjelaskan di tempat rentalnya tidak menerapkan sistem lepas kunci, termasuk saat Lebaran. Harga yang ditawarkan untuk jenis mobil Toyota Avanza dan Daihatsu Luxio Ia memasang harga Rp 750 ribu per hari. Sementara untuk paket 10 hari dibanderol Rp 6,5 juta.

“Harga segitu belum termasuk biaya BBM, parkir, tol sama makan untuk driver,” pungkasnya.

Sebelumnya Kemenhub menyatakan arus mudik Lebaran diprediksi terjadi mulai H-4 lebaran atau Sabtu, 6 April 2024 hingga H-2 Lebaran atau Senin, 8 April 2024.

Korlantas Polri sudah pun mengantisipasi penumpukan kendaraan dengan menerapkan sistem contra flow, one way, ganjil genap, dan pembatasan operasional angkutan barang sumbu tiga.

Sementara, berdasarkan hasil survei yang dilakukan Kemenhub, jumlah masyarakat yang akan mudik tahun ini diperkirakan mencapai 193,6 juta orang. Ini lebih banyak dari tahun lalu sebanyak 123,8 juta orang. []

Sumber:
kumparan

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close