Sebaik-baik Doa Hamba Kepada Allah - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Sebaik-baik Doa Hamba Kepada Allah


KONTENISLAM.COMDoa yang paling Allah cintai dari seorang hamba adalah doa minta al-'Aafiyah.

Apa makna Afiyah/afiyat?

AL-'AAFIYAH (العافية) adalah keselamatan dan penjagaan dari segala keburukan, baik dari  segi harta, keluarga, kesehatan badan dan semua penjagaan dari kejelekan dan keburukan dunia dan Akhirat.

بيانُ فَضلِ العافيةِ وأنَّ فيها جِماعَ الخيرِ في الدُّنيا والآخرةِ
Paman Nabi Abbas bin Abdul Mutthalib radhiyallahu 'anhu pernah mendatangi nabi dan berkata: ya Rasulullah ajarkan kepadaku sesuatu yg aku akan berdoa kepada Allah dengannya. Nabi menjawab: mintalah kepada Allah AL-'AAFIYAH, kemudian setelah beberapa hari Abbas datang dan berkata lagi: ya Rasulullah ajarkan kepadaku sesuatu yang aku akan memintanya kepada Allah. Maka nabi menjawab: "Wahai Abbas, wahai paman Nabi, mintalah kepada Allah Al-'Aafiyah di dunia dan akhirat." (HR. Tirmidzi).

 Ibnu al-Qayyim rahimahullah:

ما سُئل الربُ شيئاً أحبَّ إليه من العافية، لأنَّها كلمة جامعة للتخلص من الشر كله وأسبابه " - الإمام ابن القيم

Tidaklah Allah dimintai sesuatu yang lebih Dia cintai dari pada permohonan AL 'AAFIYAH, Karena al-'Aafiyah adlah kalimat yang mengumpulkan semua keselamatan dari seluruh keburukan dan sebab-sebabnya. (Ibn al-Qayyim, Syifa' al-'Alil: 111)

ما من دَعْوَةٍ أحبُّ إلى اللهِ أن يَدْعُوَ بِها عبدٌ من أنْ يقولَ : اللهمَّ إنِّي أسألُكَ المُعَافَاةَ أوْ ( العافيةَ ) في الدنيا والآخرةِ

Tidak ada doa hamba yang lebih dicintai Allah dari pada doa "Allahumma inii as-aluka al-'Aafiyah fiddun-ya wal Aakhirah" (ya Allah aku memohon kepadamu al-'Aafiyah di dunia dan di akhirat. (Fath Rabbani 11/5517)

Rasul bersabda:

ما من دعوةٍ يدعو بها العبدُ أفضلُ من اللَّهمَّ إنِّي أسألُك المعافاةَ في الدُّنيا والآخرةِ

Tidak ada doa yang dipanjatkan seorang hamba yang lebih utama dari pada doa: "Ya Allah aku memohon kepadamu al-Mu'afaah/al-'Aafiyah di dunia dan akhirat. (HR. Ibnu Majah).

(Dr. Fadlan Fahamsyah hafizhahullah)

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close