Aktivis Pro-Palestina menargetkan 20 cabang Barclays di Inggris dan Skotlandia, menuntut penghentian investasi perdagangan senjata Israel

Daftar Isi

KONTENISLAM.COM - Aktivis pro-Palestina menargetkan 20 cabang Barclays di Inggris dan Skotlandia, menuntut divestasi (penghentian investasi) perdagangan senjata Israel.

Pada hari Senin (10/6/2024), 20 cabang bank tersebut di seluruh Inggris dan Skotlandia ditemukan dengan jendela pecah dan cat merah dipulas pada gedung-gedungnya sebagai bagian dari protes yang menyerukan bank tersebut untuk melakukan divestasi dari perusahaan senjata yang menjual ke Israel.
Barclays Bank mengatakan pada hari Senin bahwa mereka tidak berinvestasi secara langsung di perusahaan pertahanan yang memasok NATO dan sekutunya, setelah 20 cabangnya di Inggris dirusak oleh pengunjuk rasa pro-Palestina atas dugaan hubungan bank tersebut dengan perusahaan militer Israel.

Polisi Kota London mengatakan bahwa tiga orang ditangkap atas kerusakan gedung Barclays di Moorgate di pusat kota London.

Kelompok kampanye Palestine Action (Aksi Palestina) yang berbasis di Inggris dan kelompok perubahan iklim Shut the System mengaku bertanggung jawab atas kerusakan tersebut. Palestine Action mengatakan di antara cabang-cabang Barclays yang ditargetkan adalah lima di London, serta bank-bank di Birmingham, Bristol, Brighton, Exeter, Sheffield, Northampton, Solihull dan Preston, Bury, Stockport dan Glasgow, serta sebuah kantor di Edinburgh.

Dalam sebuah pernyataan, Palestine Action mengatakan pihaknya “bertujuan untuk menghentikan genosida Palestina dengan melemahkan pemasok senjata untuk militer Israel … serta perusahaan keuangan yang terlibat dengan pemasok senjata tersebut.”

“Kolaborasi kami yang menuntut divestasi perdagangan senjata dan bahan bakar fosil Israel telah membuat bank tersebut hancur,” tambah kelompok itu.

Pada bulan Mei, beberapa kelompok hak asasi manusia pro-Palestina menerbitkan laporan yang menyatakan bahwa Barclays memiliki investasi sebesar £2 miliar ($2,55 miliar) di perusahaan-perusahaan yang memasok senjata ke Israel, termasuk salah satu perusahaan militer terbesar di negara itu, Elbit Systems, dan General Dynamics, sebuah perusahaan AS yang memproduksi komponen untuk pesawat tempur. Barclays juga dilaporkan memiliki ikatan keuangan dengan BAE Systems dan Raytheon.

Bank yang berbasis di Inggris tersebut mengatakan di situs webnya bahwa perusahaan-perusahaan pertahanan yang menyediakan layanan keuangan adalah “kontributor penting bagi keamanan kita di saat ketidakpastian meningkat.”

Situs web tersebut menyatakan: “Kami ditanya mengapa kami berinvestasi di sembilan perusahaan pertahanan yang memasok Israel, namun ini merupakan kesalahan atas apa yang kami lakukan. Kami memperdagangkan saham perusahaan tercatat sebagai respons atas instruksi atau permintaan klien, dan hal ini mungkin mengakibatkan kami memegang saham."

“Meskipun kami menyediakan layanan keuangan kepada perusahaan-perusahaan ini, kami tidak melakukan investasi untuk Barclays, dan Barclays bukanlah 'pemegang saham' atau 'investor' dalam kaitannya dengan perusahaan-perusahaan ini,” demikian pernyataan situs web tersebut.

Lebih dari 37.000 orang tewas di Gaza sejak Israel mulai menyerang daerah kantong tersebut, sebagai tanggapan atas serangan mendadak Hamas di selatan negara itu yang menewaskan hampir 1.200 orang dan menyebabkan 240 lainnya diculik.

Pada bulan Mei, aktivis pro-Palestina dan 130 artis musik memboikot Great Escape Festival di Brighton, Inggris selatan, karena Barclays adalah sponsor acara tersebut.

(Sumber: https://www.al-monitor.com/originals/2024/06/barclays-plays-down-israel-military-links-protesters-target-branches)

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close