Klaim Jokowi: IKN Bakal Jadi Ibu Kota Terhijau di Dunia

Daftar Isi

KONTENISLAM.COM - Presiden Joko Widodo mengatakan Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menjadi kota terhijau di dunia jika tetap berpegang pada konsep awal pembangunan.

Jokowi mengatakan saat ini banyak yang salah kaprah memandang kota masa depan sebagai kota yang banyak gedung pencakar langit. Padahal, kota masa depan adalah kota yang ramah lingkungan.

"Termasuk nantinya IKN itu akan menjadi ibu kota konsepnya ibu kota terhijau di dunia karena konsepnya kota nusa rimba, betul-betul hijau betul," kata Jokowi dalam acara peresmian Rakernas Apeksi ke-XVII sebagaimana disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (4/6).

Jokowi mengapresiasi kota-kota yang sudah mulai mengusung konsep hijau, seperti Balikpapan dan Surabaya. Dia meminta kota-kota lainnya di Indonesia mengikuti jejak dua kota itu.

Dia meminta agar pembangunan kota di Indonesia tak sekadar membangun beton. Kota, kata Jokowi, harus dibangun dengan mengutamakan pejalan kaki dan kelestarian lingkungan.

"Jangan sampai membangun kota semakin banyak beton yang didirikan. Ada trotoar semua paving blok semua. Ada mestinya penggunaan paving grass akan lebih hijau," ucapnya.

Jokowi menyarankan pemda mendesain ulang kotanya jika terlalu banyak gedung. Salah satu langkah yang harus ditempuh adalah mengambil alih dan merobohkan gedung-gedung.

Kemudian, lahan bekas gedung-gedung itu dimanfaatkan untuk sarana publik. Dia menyebut lokasi itu bisa dijadikan alun-alun atau taman hutan kota.

"Mungkin memangkas beberapa gedung, dibeli, dipangkas, dijadikan taman kota. Tidak ada jalan lain kalau sudah terlanjur," ucapnya.

SumberCNN

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close